BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 24 Agustus 2010

FT's for Calon Jema'ah Haji

Ibadah haji

Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam ke 5. Dalam ibadah haji terdapat serangkaian ibadah yang harus dipersiapkan, diantaranya bekal mental, harta benda dan fisik.
Bekal mental disiapkan dengan mendekatkan diri kepada Allah, bekal harta benda disiapkan selama bertahun-tahun dengan bekerja dan berusaha, sedangkan bekal fisik disiapkan untuk kesegaran jasmani.

Fisioterapi Haji

Fisioterapi haji merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang bertanggung jawab pada kebugaran jasmani, gangguan gerak dan fungsi pada calon jemaah haji. Dalam hal ini fisioterapi haji mempunyai peranan penting dalam menyiapkan bekal fisik para calon jemaah haji.

Gangguan-gangguan kapasitas fisik berupa:
•gangguan sirkulasi jantung dan paru
•gangguan otot dan sendi
•gangguan keseimbangan dan koordinasi

Konsep Fisioterapi haji

1.Melakukan penelitian tentang ancaman gangguan gerak dan fungsi para jemaah haji pada saat melaksanakan kegiatan haji.

2.Melakukan pengelompokan jemaah calon haji berdasarkan usia dan adanya gangguan gerak.


3.Melakukan tes kebugaran pada calon jemaah haji saat diyayasan (manasik haji).

4.Melakukan pelatihan kebugaran seperti senam dan pemberian latihan tambahan yang sesuai dengan kebutuhannya berdasarkan konsep FITT.


Kategori Senam haji

1.Non-Risiko tinggi (Non-Risti)
Untuk kategori calon jemaan haji non-risti (tidak mengalami masalah tertentu/dalam keadaan sehat tidak ditemukan adanya penyakit ataupun kelainan fisik) kegiatan senam dapat dilakukan sendiri setelah mendapat bimbingan dari instruktur seorang Fisioterapis.

2.Risiko tinggi (Risti)
Untuk calon jemaah haji Risti (mengalami masalah keehatan) kegiatan senam harus selalu dibimbing oleh Fisioterapis, tidak dapat dilakukan sendiri.

Kesimpulan
Dengan senam haji ini diharapkan calon jemaan haji dapat neribadah dengan baik sehingga tercapai tujuan ibadah itu sendiri yaitu untuk mencapai ketakwaan yang tergambar dalam haji mabrur.

0 komentar: